Manfaat Rumput Laut Merah seotravel.net

Rumput laut adalah tanaman yang liar dan tumbuh di lautan. Selain itu rumput laut juga tanaman yang saat ini sudah banyak dibudidayakan oleh masayarakat sekitar pantai. Bagi Anda pencinta rumput laut, perlu Anda ketahui jika ada beberapa manfaat rumput laut untuk kesehatan dan kecantikan. Sebelum membahas khasiat rumput laut tersebut ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu silsilah dan kandungan zat yang ada di dalam rumput laut.

Silsilah rumput laut tersebut adalah tanaman yang berada di laut yang merupakan kategori alga atau ganggang. Rumput laut memiliki ciri dan bentuk yang beragam, salah satunya memiliki bentuk yang pipih dan bercabang. Dalam kandungan rumput laut itu sendiri mengandun nutrisi alami seperti vitamin A, B1, B2, B3, B12, C, D, E, F, K, mineral dan asam lemak yang baik bagi tubuh. Dengan kandungan yang begitu komplit dalam rumput laut tersebut tidak heran jika rumput laut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut, akan dijelaskan lebih lengkap mengenai manfaat dari rumput laut.

Mencegah Anemia

Rumput laut sangat bermanfaat untuk membantu mencegah anemia. Hal itu dikarenakan oleh kandungan mineral yang membantu menstabilkan sel darah dan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh Anda. Maka dengan begitu Anda akan terhindar dari penyakit anemia, dengan cukup mengonsumsi 200 gram rumput laut perhari.

Baca juga penyebab dan gejala penyakit anemia

Menyehatkan Sistem Peredaran Darah

Beberapa jenis rumput laut kaya akan zat besi. Zat besi inilah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Namun tak hanya itu saja manfaat dari zat besi. Zat besi yang Anda konsumsi juga dapat membuat sistem peredaran darah lebih sehat dengan meningkatkan sistem aliran darah dalam tubuh. Selain kaya akan zat besi, rumput laut juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin A dan vitamin B-12.

Menjaga Sistem Pencernaan

Tak hanya buah san sayur saja yang memiliki khasiat untuk menjaga pencernaan tetap sehat. Rumput lautpun memiliki manfaat yang sama. Hal ini dikarenakan rumput laut mengandung serat alami berupa alginat yang dapat mengurangi penyerapan lemak serta melancarkan pencernaan. Serat yang terkandung dalam rumput laut juga akan membuat Anda kenyang lebih lama. Dan tentunya rumput laut merupakan terbaik untuk diet yang bisa Anda coba.

Mengoptimalkan Fungsi Tiroid

Sama seperti jenis sayuran lainnya, rumput laut juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan yodium pada rumput laut berguna untuk membantu fungsi tiroid lebih optimal dan sehat. Sedangkan jenis rumput laut cokelat mengandung fucoxanthi pigmen yang dapat membantu metabolisme lemak tubuh menjadi energi.

Kaya Asam Lemak Omega 3

Manfaat rumput laut berikutnya adalah untuk menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh. Ini karena rumput laut mengandung asam lemak omega 3 yang merupakan lemak baik yang dapat menurunkan kolesterol jahat tanpa menurunkan lemak baik atau HDL. Tak hanya itu saja, omega 3 juga dapat mengatasi peradangan yang terjadi dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam rumput laut sangat berfungsi sekali sebagai penangkal sel kanker pada tubuh Anda. Selain itu kandungan vitamin C dalam rumput laut juga dapat bermanfaat untuk kecantikan kulit Anda yaitu membuat kulit tampak lebih cerah dan lembab.

Menjegah Tulang Keropos

Rumput laut banyak mengandung kalsium yang lebih banyak dibanding dengan susu. Dengan begitu, hal ini dapat memberikan solusi bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi susu dapat menggantinya dengan rumput laut untuk menjaga tulang Anda tetap sehat. Sehingga Anda akan terhindar dari resiko tulang keropos atau osteporosis.

Merawat Kulit Pada Wajah

Khasiat rumput laut yang berikutnya adalah merawat kulit pada wajah. Terbukti sekali dengan banyaknya rumput laut dijadikan sebagai masker yang berfungsi untuk mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini. Hal itu dikarenakan kandungan senyawa sejenis fenol yang berfungsi sebagai antioksidan dalam menjaga kesehatan kulit Anda.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Rumput laut juga sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Kandungan vitamin C pada makanan ini dapat membantu untuk pembentukan sel darah putih di dalam tubuh. Dengan begitu, bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh dapat dicegah. Sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Itulah beberapa manfaat rumput laut untuk kesehatan dan kecantikan. Sekarang tinggal kembali pada diri Anda sendiri untuk mau mencoba perawatan menggunakan bahan alamiah atau tidak. Namun yang pasti bahan alami sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan Anda dalam jangka panjang.

Meskipun memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, akan tetapi sebaiknya Anda mengonsumsinya sesuai dengan takaran. Hindari mengonsumsinya secara berlebihan karena akan berpengaruh terhadap kesehatan.

Untuk mendapat manfaat rumput laut dengan praktis, anda bisa menggunakan agarpac dan bisa didapat melalui toko-toko atau melalui website myagarpac.com

Tahukah Anda bahwa ada makanan dan minuman tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan? Menurut International Food Information Council Foundation (IFICF), sebelum tubuh bisa mendapat manfaat dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, sistem pencernaan harus mencerna makanan dan minuman tersebut menjadi bentuk yang dapat diserap tubuh. Tentu saja, makanan dan minuman yang kita makan sangat mempengaruhi kerja sistem pencernaan.

Pertama, mari memahami sedikit tentang sistem pencernaan. Sistem pencernaan merupakan sebuah sistem yang terdiri dari semua bagian tubuh yang yang kita pakai untuk mengunyah, menelan, menyerap makanan dan membersihkan tubuh dari sisa pencernaan. Nutrisi, termasuk karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral dicerna dan diserap ke dalam darah melalui mulut, perut, usus dan organ pencernaan lainnya. Tubuh menggunakan nutrisi ini untuk membangun dan menutrisi sel tubuh, juga sebagai sumber energi untuk proses tubuh yang lain.

Saat tubuh stres, sistem pencernaan pun terpengaruh. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi, seperti pola makan yang tidak baik, perjalanan, perubahan hormon, efek samping obat dan lain-lain. Cerdas memilih makanan dan olahraga dapat membantu mengatasi masalah dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Serat dan cairan

Serat punya peran penting karena fungsinya adalah menyapu semua hal tak dibutuhkan yang dicerna oleh perncernaan. Serat bisa kita anggap sebagai ‘tukang sapu’ yang akan menjaga tubuh tetap bersih.

Serat dapat ditemukan di hampir semua makanan nabati. Ini termasuk buah-buahan, sayuran dan kacang- kacangan. Perempuan berusia 14-50 tahun seharusnya mengkonsumsi minimal 25 gram serat setiap hari, sedangkan pria perlu 30 gram.

Minumlah banyak cairan yang akan membantu kerja serat. Buah-buahan, yang mengandung banyak air dan serat, bisa membantu melancarkan pencernaan.

Berikut ini beberapa alternatif menambahkan serat ke dalam diet sehari-hari menurut IFICF:

– Penuhi setengah bagian piring Anda dengan buah dan sayuran. Setengahnya lagi dengan daging tanpa lemak dan whole grain.

– Tambahkan salad dalam makanan dan makan buah sebagai penutup

– Tambahkan sayuran dan kacang-kacangan saat memasak apapun

– Sarapanlah dengan sereal yang terbuat dari biji-bijian dan campur dengan irisan buah

– Makanlah buah atau sayuran mentah dan kacang-kacangan sebagai camilan

- Minumlah minuman berserat dengan mencampurkan minuman panas anda dengan agar-agar instan. Dapat dicari tahu di myagarpac.com

Silakan dicoba!



Wikipedia SiteWide Iklan Baris
wisata modera furniture